Selasa, 06 Desember 2011

coffe shop part 2

Waralaba Coffee Shop Part 2 - International Franchise

Jadi anda ingin membuka coffee shop? Ada 2 cara untuk membuka usaha coffee shop, yaitu melalui waralaba atau membuka sendiri usaha coffee shop anda. Saya merencanakan ada 3 bagian mengenai artikel usaha coffee shop ini, yaitu artikel pertama tentang Waralaba Coffee Shop International, artikel kedua tentang Waralaba Coffee Shop Lokal, dan artikel ketiga atau terakhir adalah tentang tips-tips mengenai membuka usaha coffee shop ini.
Terbuka kemungkinan tulisan-tulisan ini akan diupdate apabila ada masukan dari teman-teman baik waralaba yang belom masuk di tulisan saya dan update mengenai data-data franchisor, atau tentang tips-tips lainnya mengenai usaha coffee shop ini.


Starbucks
Contact:
PT Sari Coffee Indonesia
Wisma 46 – Kota BNI, 7th Floor
Jl. Jend.Sudirman Kav. 1
Jakarta 10220 – Indonesia
Tel (+62-21) 574 – 6501
or (+62-21) 574 - 5808 (ext. 341)
Fax (+62-21) 574 – 6189
Websites: www.starbucks.com ; www.starbucks.co.id

Bagaimana cara membeli waralaba Starbucks? Berikut ini penjelasan yang diambil dari websitenya:

Does Starbucks franchise?
Starbucks does not franchise operations and has no plans to franchise in the foreseeable future. In North America, the majority of our stores are Company-operated. As an exception, Starbucks may enter into licensing arrangements with companies who provide access to real estate which would otherwise be unavailable such as airport locations, national grocery chains, major food services corporations, college and university campuses and hospitals. For international business development opportunities please refer to the International Development section of this Web site. If you have further questions, please send us an e-mail through the Contact Us portion of the site.


Dari penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa Starbucks tidak diwaralabakan. Bentuk kerja sama yang ditawarkan adalah berupa perjanjian lisensi untuk perusahaan-perusahaan yang dapat menyediakan lokasi yang strategis untuk starbucks. Untuk keterangan lebih lanjut dapat menghubungi PT Sari Coffee Indonesia dengan no telepon dan alamat di atas.



Gloria Jean's Coffee
Contact:
PT. DWIPUTRA GLORIA INDONESIA
Ruko Kebon Jeruk Mediterania 2nd Floor, Jl. Meruya Ilir No. 10
Kembangan - Srengseng, Jakarta Barat 11630 - Indonesia
Telp. (62-21) 58902665 (Hunting), Fax (62-21) 58902667
email: marketing@gloriajeansindonesia.com
Websites: www.gloriajeansindonesia.com
Estimated Investment:
Pembelian mesin pembuat kopi, franchise fee selama lima tahun, serta training pengenalan produk dan manajemen pengelolaan kedai kopi: Rp 650 jt
Biaya renovasi tempat dan furniture: Rp 200 jt

Berikut ini brosur mengenai cara franchise Gloria Jean's Coffee


















































Black Canyon Coffee
Contact:
Mufid Wahyudi
Head Office: Jl. Danau Bratan Raya 12, Taman Griya, Jimbaran - Bali
Phone Number: 0361-780 7929
Fax Number: 0361-770 346
Websites: http://blackcanyoncoffee.com
Email: mufid@blackcanyoncoffee.co.id
Estimated Investment: Rp 1 – 3 Milyar
Biaya yang dibutuhkan akan sangat tergantung dari ukuran dan lokasi dari restoran. Rata-rata diperlukan US$ 200,000 untuk satu restoran dengan fasilitas lengkap termasuk biaya franchise, uang muka sewa, konstruksi, dan gaji pegawai sebelum restoran dapat beroperasi secara full.
Syarat menjadi franchisee:
1. Lokasi - Black Canyon tidak dapat membantu mencari lokasi namun dapat membantu untuk menentukan apakah lokasi tersebut cukup potensial.
2. Funding – Untuk pembangunan restoran dan untuk operasional.

Berikut ini informasi yang saya peroleh mengenai kesempatan waralaba di Indonesia:
Karena Indonesia sudah memiliki franchisee maka data-data calon franchisee akan dievaluasi oleh Black Canyon (Thailand) dan jika disetujui, akan diteruskan ke franchisee yang telah ada di Indonesia. Permintaan untuk menjadi franchisee akan ditelaah berdasarkan criteria berikut ini:
1. Lokasi, yaitu 150-200 m2 untuk restoran Black Canyon dengan fasilitas lengkap. Jika lokasi berada di luar area operasi dari franchisee yang telah ada, maka calon franchisee akan diberikan hak franchise langsung dari Black Canyon (Thailand). Data-data calon franchisee tanpa deskripsi lengkap mengenai lokasi mungkin tidak akan mendapatkan jawaban.
2. Pengalaman, yaitu harus mempunyai pengalaman dalam bidang restoran, jasa makanan atau bisnis hospitality.


Coffe Bean and Tea Leaf
Contact:
PT TRANS COFFEE - WISMA TRANS LIFESTYLE
Jl. Raya Duren Tiga Kav. 53 - 55
Jakarta Selatan - 12760
Telp : (62-21) 798 0388. Fax : (62-21) 798 0638
Websites: www.coffeebean.com ; www.coffeebean.co.id
Email : cs@coffeebean.co.id
Estimated capital investment: US $25,000-US $35,000

Tidak banyak informasi mengenai cara franchise di Indonesia. Mungkin bisa langsung menghubungin contact diatas.


Cup & Cino
Contact:
PT Mitra Prima Cup & Cino
Jl Jend Sudirman Kav 50 The Plaza Semanggi Unit 16 Ground Fl
JAKARTA 12930
Phone : 021-25536461, 021-25536462
Websites: www.cupcino.com

Cup & Cino menawarkan tiga paket waralaba. Pertama, gerai kopi kelas stan, dengan nama Cup & Cino Express. Gerai kecil ini cocok dibuka di lobi perkantoran, bandara, atau di ruang pertemuan VIP. Untuk waralaba kelas Express, modalnya sekitar Rp 400 juta. Modal segitu dipergunakan untuk membayar franchisee fee (5 tahun), 1 unit mesin kopi, plus persediaan biji kopi untuk tiga bulan. Untuk paket ini, terwaralaba bebas menentukan tempat usahanya.

Kedua, paket Coffee House, yakni gerai kopi dengan luas ruang minimal 100 m2. Modal awalnya sekitar Rp 3 miliar. Ini sudah termasuk franchise fee (Rp 500 juta untuk 5 tahun), semua perlengkapan dan furnitur gerai, seragam dan pelatihan pegawai, modal kerja, dan berbagai biaya lain.

Ketiga, paket Coffee House & Entertainment. Ini gerai kopi ukuran besar –minimal 200 m2- yang dilengkapi berbagai sarana hiburan. Di antaranya: live music, ruang karaoke yang bisa disulap menjadi ruang rapat, dan meja biliar. Modal awalnya sekitar Rp 7,5 miliar.


Miko Coffee
Contact:
Andreas or
Mr. Satya Murti
Mobile Number:+628567175189
Phone Number: +622131936235
Fax Number: +622131936235
E-mail: stymurti@yahoo.com
PT. Miko Pertama Indonesia
Jl.MH.THAMRIN KAV.11 SARINAH BUILDING JAKARTA INDONESIA
Jakarta 16413, Jakarta
Indonesia
Phone Number: 021-6291181.
Fax Number: 021-6248233
Websites: www.miko.co.id
Establish Since: 2003/2004
Total Outlet: 77 gerai
Estimated Investment: Rp 150 juta untuk renovasi tempat dan Rp 50-70 juta untuk peralatan cafe
Franchise Fee: Rp. 100 Jt untuk Sembilan tahun dan untuk café yang berlokasi di mall. Fee antara lain digunakan untuk pelatihan, dan untuk sepuluh terwaralaba pertama baru dibayar setelah satu tahun beroperasi.
No royalty fee
Dengan mempertimbangkan pendapatan dan biaya, diperkirakan dapat mencapai BEP dalam 1,5 tahun.

Kedai kopi ini berasal dari Belgia dan berdiri sejak Juli 1801. Sejak tahun 2003, Miko masuk di Indonesia, dan kini memiliki dua outlet di Yogyakarta dan Jakarta.
Seluruh bahan baku diimpor langsung dari Belgia. Ragam sajian kopi di Miko hampir sama dengan kafe lain. Hanya saja Miko memiliki filter kopi. Dengan coffee filter, semua mutu rasanya dijamin. Minum di mana saja, di tempat mana saja, rasanya sama.
Harga jual kafe Miko antara Rp 10.000 sampai Rp 15.000 per cangkir. Marginnya 20%-30%.


Dante Coffee Shop
Contact:
PT. Kurnia Mitra Duta Sentosa
Kawasan Bangunan Multiguna Blok D-5, Jl. MH Thamrin km. 7
Paku Alam - Serpong, Tangerang 15325
INDONESIA
Tel : (62-21) 539-8003
Fax : (62-21) 539-9372
E-mail: info@kmds.co.id
Websites: www.kmds.co.id ; www.dante.com.tw

Franchise coffee shop ini berasal Taiwan. Konsep cafe modern minimalis ini cocok sekali untuk hang-out atau bahkan menyelesaikan pekerjaan anda, karena didukung oleh fasilitas free wi-fi. Untuk menemani acara santai anda, Green Tea and Red Bean dengan cita rasa unik bisa dicoba. Mau yang lebih fresh? Blue Soursop jawabannya. Sari buah sirsak yang bercampur dengan soda will refreshen your exhausting day! Favorit Hers jatuh pada Vietnamese Coffee-nya, dimana perpaduan rasa manis dan pahitnya kopi plus disajikan dingin membuat kita tidak habis menyeruputnya. Hot Coffee anyone? Pilih Cafe Latte atau Cafe Mocha andalan Dante juga tidak kalah enak. Jika minum saja tidak cukup, jangan khawatir karena menu makanan Dante lengkap mulai appetizers hingga main course yang delicious. Korean Bulgogi Rice-nya juara, daging iris tipis yang dimasak dengan bumbu special Dante, it tastes wonderful! Untuk cemilan, Cheesy Nachos is worth trying for atau Blooming Potatoes, kentang rebus dengan saos daging diatasnya, aman untuk anda yang sedang berdiet.

Dari website Taiwan, berikut ini adalah penjelasan mengenai cara memperoleh franchise ini:
Because the overseas area the original material obtains the difficulty to vary, therefore the single shop alliance/region authorization will have the different cooperation pattern according to the regional difference, will have Canada of hegemons the interest to welcome in work hours Qia to ally consultation special line Tel: 886-2-27368008 exhibition industry/Miss Zhang.
■ The service the headquarters provides to area-agency
.Support from high-profile leading brand in Taiwan
.Integrated pre-job training and educational training course
.Unified standard process of operation
.Complete set of management manual and form
.Full set of product combination and marketing position
.Effectively decrease time to open the shop
.Share of result of new product's R&D
.Suggestion and advance of promotive activities
.Share of successful experience
■ The service the Headquarters provides to single-site Franchise .Evaluation and comment to business market and location
.Complete pre-job training and specific training course to different ranking
.Reduction of preliminary time to start the shop
.Decrease of purchasing cost
.Unity of standard process
.Full-set of conducting form
.Integrated product combination and market position
.Share of result of new product's R&D
.Planning and advance of promotive activity
.Share of successful experience


Demikianlah tulisan mengenai waralaba international coffee shop. Tulisan ini masih terbuka untuk diupdate. Tulisan ini juga berasal dari research saya di Internet, dan banyak copy paste dari website-website yang tersedia di internet.

Artikel Terkait:
Waralaba Coffee Shop Part 2 - Local Franchise
Waralaba Coffee Shop Part 3 - Your own coffee shop!
Posted at | |

Tidak ada komentar:

Posting Komentar